Senin, 14 Januari 2013

Ekonomi Pahang

Selama beberapa dekade, industri utama Pahang berpusat pada produksi kayu tropis, sebagai swatch hutan besar mendukung produksi besar-besaran dari produk kayu, yang ekspor utama negara. Namun penurunan pohon dewasa karena panen yang intensif akhir-akhir ini telah menyebabkan perlambatan dan praktik kehutanan yang lebih berkelanjutan.

Produk perikanan juga merupakan sumber utama pendapatan terutama bagi masyarakat di pantai panjang negara. Ikan kering dan asin adalah khusus di sini. Ikan Patin sangat populer di Temerloh.

Raub di wilayah Pahang adalah satu-satunya operasi penambangan emas menguntungkan di Malaysia tapi cadangan segera habis dan tambang ditutup. Baru-baru ini, baru teknologi telah membuat ekstraksi menguntungkan lagi dan operasi sedang dilakukan sekali lagi.

Lembing Sungai di masa kejayaan adalah pusat besar untuk pertambangan batang timah lebih dikenal sebagai timah. Penambang menggali terowongan bawah tanah untuk mencapai bijih dan membawanya ke permukaan oleh cartloads untuk peleburan menjadi jongkangs. Sekarang timah yang tidak lagi ditambang tambang sebagian besar banjir, Sungai Lembing adalah sebuah kota mati dengan sedikit prospek kecuali pariwisata berdasarkan sejarah pertambangan dan pendakian Panorama Bukit.

Industri sebagian besar berpusat pada produk berbasis kayu dan pengolahan petrokimia. Kuantan Port adalah pelabuhan tersibuk di pantai timur. Jaringan transportasi yang komprehensif memungkinkan untuk transportasi cepat barang di seluruh negara bagian.

Pariwisata tetap utama pendapatan negara penghasil sumber daya alam yang besar untuk menarik pengunjung dari hutan Taman Negara itu, Pulau Tioman dan Genting Highlands.

Konstitusi Pahang mulai berlaku pada tanggal 26 Februari 1959. Konstitusi menyatakan bahwa Pahang adalah sebuah monarki konstitusional.

Sultan Pahang adalah penguasa konstitusional negara dan ia memegang jabatan seumur hidup. The 1959 Konstitusi menyatakan bahwa Sultan adalah "kepala air mancur keadilan dan semua kekuasaan pemerintah" di negara bagian. Dia dipegang dengan kekuasaan eksekutif negara, adalah Kepala Agama Islam di negara dan sumber dari semua judul dan martabat, kehormatan dan penghargaan di negara bagian. Sejak 1974, raja atau keturunan Sultan telah Sultan Haji Ahmad Shah.

Dewan eksekutif negara dibentuk oleh konstitusi 1959. Perusahaan terdiri dari Menteri Besar, yang ketuanya, dan sepuluh anggota lainnya. Sultan Pahang menunjuk Menteri Besar dan seluruh dewan dari anggota Majelis Negara. The Menteri Besar saat ini adalah Dato 'Seri Adnan Yaakob dari Organisasi Nasional Melayu Bersatu, partai komponen utama dari Barisan Nasional (BN) koalisi. Wakil Adnan adalah Datuk Tan Aminuddin Ishak.


Negara juga memiliki tubuh unikameral legislatif, Pahang Negara Majelis atau Dewan Undangan Negeri. Menteri Kepala, yang ditunjuk oleh Sultan, biasanya berasal dari partai politik dengan kursi terbanyak di parlemen. Menurut Wakil Kepala Menteri Aminuddin Ishak, BN-yang dipimpin pemerintah negara bagian tidak memiliki kebijakan untuk membantu konstituen dengan anggota oposisi dari majelis negara. Membalas Assemblyman yang bertanya apakah pemerintah memiliki kebijakan untuk melakukannya, Aminuddin menjawab tidak ada rencana seperti itu ada, tapi "Jika Anda ingin membantu oposisi, Anda bisa melakukannya."

Pahang dibagi menjadi 11 divisi administratif: Bera, Bentong, Cameron Highlands, Jerantut, Kuantan, Kuala Lipis, Maran, Pekan, Raub, Rompin dan Temerloh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar